24/07/15

Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV yang Wajib Kamu Tahu

Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV - Serial Ashoka ANTV menuai sukses dan mendapat sambutan luar biasa baik dari penggemarnya di India ataupub Indonesia. Serial ini menceritakan tentang kisah kehidupan muda Ashoka sebelum menjadi raja. Nah jika kamu sering menonton serial ini apakah kamu merasa aneh melihat beberapa tokoh-tokohnya misalkan tentang Ratu Yunani Helena di Kerajaan India? atau hal-hal lainnya? Nah berikut ulasan mengenai beberapa hal aneh dalam serial Ashoka ANTV yang bisa kamu ketahui.

Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV 

Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV yang Wajib Kamu Tahu
Serial Ashoka ANTV
  • Kok ada Ratu dari Yunani? Padahal Ashoka adalah serial India. Jika kamu penggemar serial Ashoka ANTV, kamu pasti tidak asing dengan nama Ratu Helena atau ibu suri. Ratu yang memiliki pengaruh kuat di Kerajaan Magadha. Nah Ratu Helena ini berdarah Yunani dan masih mempertahankan budaya Yunani. Lalu kenapa dia bisa berada di India padahal jarak Yunani dan India itu jauh sekali.IYunani itu berada di Eropa sedangkan India di Asia. Bingung enggak? Nah begini penjelasannya.  Dalam serial Ashoka ANTV, ayah Ashoka bernama Raja Bindusara, ia adalah Raja ke II Kerajaan Magadha (Dinasti Maurya) atau biasa juga disebut Kerajaan Maurya. Pendiri Kerajaan Maurya ini bernama Chandragupta. Dahulu Raja Candragupta atau raja ke I Kerajaan Maurya, setelah berhasil mendirikan kerajaan, ia berperang Seleukos I, panglima Yunani yang berkuasa di Siria. Perang berlarut-larut dan karena terdesak  Seleukos I lalu mengadakan perjanjian damai dengan Kerajaan Maurya. Sebagai imbalan tanda damai Seleukos kemudian memberikan putrinya untuk dinikahi Candragupta. Nah karena hal inilah dalam serial Ashoka ANTV kenapa ada tokoh dari Yunani. Sedikit informasi, Raja Candragupta dengan Ratu Helena memiliki anak bernama Justin. Namun sebagai penerus kekuasaan Magadha, Raja Candragupta menunjuk anaknya yang memiliki darah Maurya yakni Bindusara.
Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV
Ratu Helena dari Yunani
  • Lalu siapa Seleukos I, orang Yunani kok bisa memiliki kuasa di Persia (Asia Barat)? Seleukos I adalah salah satu panglima perang Alexander Agung. Nah Alexander Agung ini yang membawa orang-orang Yunani sampai ke Asia. Ceritanya begini: Alexander adalah Raja Macedonia yang menguasai Yunani. Untuk meluaskan wilayahnya ia sampai menyeberang laut ke Asia Barat untuk mengalahkan Kerajaan Persia. Setelah Kerajaan Persia dikalahkan Alexander Agung tetap ingin melebarkan kuasanya dengan memasuki India, dan ia sampai ke perbatasan India. Namun ia dan pasukannya dipukul mundur oleh penguasa India. Nah setelah Alexander meninggal, para panglimanya saling berebut kuasa, dan wilayah peninggalan Alexander kemudian dibagi-bagi. Seleukos I mendapat wilayah di Siria.
  • Benarkah Ashoka adalah Raja yang Baik Hati? Dalam kisah Drama Ashoka, tokoh ini digambarkan sebagai seorang yang baik hati dan menjunjung tinggi ajaran etika dan moral. Padahal dalam sejarah kerajaan India, Raja Ashoka dikenal sebagai raja besar yang kejam. Ia gemar berperang dan tidak segan membunuh demi memperluas kerajaanya. Begini penjelasannya. Menurut cerita aslinya Ashoka adalah cucu seorang brahmana dari Champa (ayah dari dharma, ibu ashoka), karenanya Ashoka mendapat pelajaran agama dan moral yang baik. Namun saat Raja Bindusara meninggal terjadilah gejolak perebutan kekuasaan di Kerajaan Magadha. Pangeran tertua yakni Susima berniat untuk membunuh Ashoka, namun malah ibu Ashoka yang terbunuh. Karena kejadian itu sifat Ashoka berubah drastis. Bahkan menurut legenda mnurut legenda, dalam keadaan murka, pangeran Ashoka menyerang memenggal kepala kakak-kakaknya semua termasuk Susima, dan membuangnya di sebuah sumur. Pada saat tersebut banyak orang yang menyebutnya Canda Asoka yang artinya adalah Asoka si pembunuh dan tak kenal kasih. 
Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV
Ilustrasi wajah Raja Ashoka yang digambarkan pada beberapa sumber sejarah
  • Ashoka Akhirnya Insyaf. Nah kamu sudah tahu kan bahwa Raja Ashoka sebenarnya dikenal sangat kejam. Namun apakah kekejaman Ashoka ini terus berlangsung sampai ia meninggal? Jawabannya salah. Raja Ashoka pada masa akhir pemerintahannya diketahui sudah tidak mau lagu berperang dan cinta damai. Begini penjelasannya. Di masa-masa awal Ashoka berkuasa memang terbukti banyak peperangan dan pertumpahan darah. Dan suatu saat, Raja Ashoka mendapat informasi bahwa salah satu saudara pangeran Susima melarikan diri ke Kerajaan Kalingga. Kemudian Ashoka mengirim panglima terkuatnya bersama pasukan menyerang Kalingga. Tetapi pasukan Kerajaan Magadha dapat dikalahkan oleh tentara Kalingga. Hal ini membuat Raja Ashoka semakin murka, ia kemudian mengerahkan tentara berjumlah besar untuk melululantakkan Kerajaan Kalingga. Semua wilayah Kalingga dihancurkan, konon korban dari Kalingga saat itu kurang lebih 100.000 orang meninggal, sedangkan dari pihak Magadha yang tewas kurang lebih 10.000. Namun setelah peperangan ini Raja Ashoka mulai sadar bahwa ia telah melakukan kesalahan besar. Menurut legenda, satu hari setelah peperangan usai, Raja Asoka menjelajah kota, ia melihat rumah-rumah yang terbakar dan mayat-mayat bergelimpangan di mana-mana. Hal ini membuatnya sedih dan memilih insyaf. Kemudian Ashoka memeluk agama Buddha dan dalam sejarah, Raja Ashoka tercatat tidak pernah melakukan peperangan lagi. Ia kemudian mengajarkan kebaikan dan kedamaian dengan menggunakan jabatan yang ia miliki. Dan setelah itu, Raja Ashoka,yang sebelumnya dikenal sebagai Canda Ashoka  (Ashoka yang kejam) kemudian dikenang menjadi Dharmashoka (Ashoka yang Saleh).

Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV

Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV yang Wajib Kamu Tahu
Serial Ashoka ANTV  

Kamu bisa baca artikel unik berhubungan dengan hal-hal aneh di serial India lho
Hal Nyata yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan saat Menonton Film India
10 Fakta Menarik Serial Jodha Akbar yang Wajib Kamu Tahu
Fakta Aneh Ratu Jodha yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu juga bisa membaca profil pemain Ashoka ANTV lho, juga profil artis lain berikut daftarnya:

BONUS!

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV yang Wajib Kamu Tahu, semoga bermanfaat ya :) 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hal-Hal Aneh di Serial Ashoka ANTV yang Wajib Kamu Tahu

0 comments:

Posting Komentar