30/07/15

Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris

Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris - Hai sobat kabar asia tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan utama Kisah Cerita Penerus Serial Jodha Akbar . Nah sebelumnya sudah diterangkan bahwa sudah terjadi perang anatar keturunan Ratu Jodha terutama cicit-cicitnya, jika kamu belum tahu kamu bisa baca tulisan ini dahulu Cicit Jodha Akbar Saling Bunuh Karena Berebut Warisan.

Pada tulisan ini para keturunan Ratu Jodha penguasa Kerajaan Mughal mulai kehilangan wilayah-wilayah dan kekuasaannya. Sampai-sampai Kerajaan Mughal hanya menjadi simbol saja tidak memiliki kekuatan militer. Bahkan pada pemerintahan Sultan Akbar II, Kerajaan Mughal harus menyerahkan semua wilayah untuk dikelola Perusahaan Dagang Inggris dan semua kerabat istana hidup dari kiriman uang perusahaan tersebut. Nah kisah dimulai dari Raja Muhammad Syah.

Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris

Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris

Muhammad Syah
Masa kemunduran Kerajaan Mughal dimulai dari Raja Muhammand Syah. Saat berkuasa Raja Muhammand Syah menghadapi masa sulit sampai-sampai ia beserta pendukungnya harus meninggalkan Delhi (Ibukota Kerajaan Mughal) karena serangan dari suku Asyfar di bawah pimpinan Nadir Syah pada tahun 1739 . Nadir Syah adalah seorang penguasa di wilayah Persia, ia menyerang Kerajaan Mughal karena Kerajaan Mughal kerap membantu para pemberontak Afganistan yang ada di daerahnya. Kekuatan Nadir Syah militer sangat besar dan kuat saat itu, hingga Raja Muhammad Syahpun harus mengakui kekalahan. Muhammad Syah bisa kembali lagi ke Delhi setelah memberikan banyak tebusan atau upeti kepada Nadir Syah. Setelah ini secara kerajaan, dinasti Mughal namun berada di bawah Nadir Syah. Karena hal tersebut banyak daerah Kerajaan Mughal mulai memilih merdeka melepaskan diri dari Kerajaan Mughal. Lemahnya pengawasan membuat daerah-daerah Hiderabad, Punjab, Marathas, Oudh, Shivaji, Bengal, dan Rajput lepas. Nah mengenai Rajput ini, masih ingatkan kan ulasan dari kabarasia.com sebelumnya, Rajput adalah wilayah kerajaan dimana Ratu Jodha dilahirkan dan dibesarkan. Dan karena kurangnya keamanan, pada masa ini EIC sebuah koloni dagang dari Inggris juga berhasil menduduki wilayah panyai-pantai penting di India

Ahmad Syah 
RajaAhmad Syah memerintah 1748-1754 setelah Muhammad Syah meninggal. RajaAhmad Ahmad Syah menjadi raja Mughal selama 6 tahun.

Alamgir II 
Tahun 1754-1759 adalah milik RajaAhmad Alamgir II. Selama 5 tahun berkuasa Kerajaan tidak terlalu bergejolak karena Kerajaan Mughal sendiri sudah tidak terlalu memiliki pengaruh kekuasan di India.

Syah Alam II
Pengganti Alamghir II yakni Syah Alam II yang naik tahta pada 1759. Namun Kerajaan Mughal semakin melemah dan kondisi ini dimanfaatkan perusahaan Inggris EIC untuk menyerang Mughal. Peperangan sendiri berangsur lama sampai pada akhirnya Kerajaan Mughal harus kembali beberapa kehilangan wilayahnya dan diserahkan kepada Inggris.

Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris
Syah Alam II

Akbar II 
Akbar II  atau Akbar Syah II berkuasa tahun 1860–1837. Ia adalah anak dari Syah Alam II dan di masa kekuasannya, Kerajaan Mughal semakin terperosok karena tekanan dari EIC Inggris. Raja Ahmad Akbar II membuat kesepakatan dengan EIC, dimana EIC bebas mengembangkan usaha di India dengan syarat pihak EIC perusahaan bisa menjamin kehidupan keluarga raja juga istana. Nah berarti secara politik Kerajaan Mughal sudah tidak memiliki kuasa di wilayahnya, hanya sebagai simbol saja karena gelar Raja masih digunakan. Akan tetapi Inggris secara politik sudah menguasai seluruh wilayah kekuasan Kerajaan Mughal.

Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris
Akbar II 

Nah kisah mengenai keturunan Ratu Jodha sampai di sini dulu setelah ini akan dibahas Bahadur Syah II yakni keturunan Ratu Jodha yang terakhir, dan dia harus meninggalkan India karena sudah tidak memiliki apa-apa lagi. Ini akan dibahas pada episode terakhir ya. Kamu bisa lihat daftar serinya berikut ini:
Nah silahkan saja kamu baca 'Kisah Penerus Serial Jodha Akbar' per-episodenya. Dan kamu juga bisa membaca artikel lain berkaitan dengan serial Jodha Akbar atau serial India lainnya lho:


Itulah keterangan mengenai Kisah Penerus Serial Jodha Akbar episode 4 tentang Keturunan Ratu Jodha yang semakin  miskin dan harus dibiayai Perusahaan Inggris EIC. Dan semoga saja ulasan Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang serial Jodha Akbar dan bisa memberi manfaat untuk semua :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keturunan Ratu Jodha Miskin Harus Dibiayai Perusahaan Inggris

0 comments:

Posting Komentar