26/07/15

Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar

Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar - Bagi penggemar serial Jodha Akbar ANTV nama pangeran Salim tentu sudah tidak asing lagi. Pangeran Salim adalah anak dari Ratu Jodha dan Raja Jalaluddin. Dalam kisah Jodha Akbar, Pangeran Salim naik tahta pada tahun 1605 menggantikan ayahnya. Sebelum menjadi raja, Pangeran Salim ini sebenarnya sempat marahan alias konflik dengan ayahnya. Namun akhirnya atas bujukan keluarga terutama Ratu Ruqaiya, akhirnya Pangeran menjadi Raja Mughal. 

Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar 

Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar
Pangeran Salim dalam Serial Jodha Akbar
Lho kok Ratu Ruqaiya malah yang membujuk Pangeran Salim menjadi Raja Mughal menggantikan Raja Jalaluddin? Bukannya Ratu Ruqaiya itu jahat dan tidak menyukai anak Ratu Jodha ini? Sekilas info, dalam serial Jodha Akbar ANTV Ratu Ruqaiya memang digambarkan sebagai sosok antagonis yang memiliki sifat jelek dan membenci Ratu Jodha. Namun dalam cerita-cerita sejarah, tim kabarasia.com menelisik dan menemukan data-data berbeda mengenai Ratu Ruqaiya. Dalam banyak sumber sejarah Ratu Ruqaiya digambarkan sebagai seorang Ratu Muslim pendamping setia Raja Jalaluddin. Malahan Ratu Ruqaiya ini berperan penting dalam perdamaian-mediasi antara Raja Jalaluddin dengan anak kandungnya Pangeran Salim.

Nah Pangeran Salim diangkat menjadi Raja Mughal setelah Raja Jalaluddin meninggal dunia. Ia mendapat gelar Nurrudin Muhammad Jehangir. Dan kemudian dalam cerita-cerita sejarah kerap disebut Sultan Salim, Sultan Jehangir, atau Sultan Nurrudin Muhammad. Mengenai nama Jehangir ini memiliki arti sendiri, Jehangir adalah julukan untuk ahli lukis. Sultan salim memang mencintai seni terutama seni lukis, karya lukisannya pun terkenal sangat bagus juga indah. 

Dalam serial Jodha Akbar, Pangeran Salim ini mencintai seorang perempuan dari status biasa bernama Anarkali. Sejoli ini pun menjalin cinta dengan sembunyi-sembunyi. Nah dalam kisah aslinya tokoh Anarkali juga disebutkan dalam versi catatn sejarah, namun tokoh anarkali digambarkan sebagai seorang penari yang kemudian dijadikan selir Raja Jajal. Hubungan Pangeran Salim dan Anarkali tidak disetujui. Nasib anarkali dalam cerita aslinya terbagi dalam dua versi, pertama Anarkali dihukum mati karena menjalin hubungan dengan seorang pangeran yang kedua Anarkali berhasil pergi dari istana dengan bantuan Pangeran Salim.

Namun nantinya yang menjadi permaisuri alias istri dari pangeran Salim adalah putri dari Persia bernama Menhruun Nisa atau Nurjanah. Dan sang permaisuri Nurjanah terlalu ikut campur dalam urusan tata negara kerajaan. Sehingga saat memerintah Kerajaan Mughal, Sultan Salim malah kehilangan kewibawaan sebagai raja. Meskipun begitu di masa pemerintahan Sultan Salim, Kerajaan Mughal memiliki kekuatan militer yang kuat dan besar warisan dari generasi ayahnya, Jalaluddin. Jadi, meski timbul banyak pemberontakan, semuanya bisa dikalahkan.

Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar 

Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar
Ilustrasi yang menggambarkan sosok asli Pangeran Salim
Pangeran Salim putra kesayangan Ratu Jodha ini memerintah Kerajaan Mughal selama 23 tahun. Selama berkuasa  Sultan Salim berhasil memperluas wilayah Kerajaan Mughal di India dengan menguasai Bengala pada 1612 M dan juga Mewar – Kangra di tahun 1614 M, hingga meninggalnya di tahun 1628. 

Saat Kerajaan Mughal diperintah oleh Pangeran Salim ini, kerajaan mengalami kejayaan seperti pada masa Raja Jalaluddin. Meski istrinya berpengaruh dalam kebijakan kerajaan, namun kecakapan dan kepintaran Sultan Salim dalam mengatur negara tetap membuat Kerajaan Mughal disegani musuh-musuhnya. Kerajaan Mughal tetap jaya dan nasib putra Joda Akbar pun mengikuti ayahnya menjadi raja besar yang dihormati di Kerajaan Mughal.

Ulasan selanjutnya akan dibahas mengenai Syah Jehan di episode 2, yakni cucu Ratu Jodha yang mendirikan bangunan terkenal Taj Mahal. Lihat daftarnya berikut:

Nah silahkan saja kamu baca 'Kisah Penerus Serial Jodha Akbar' per-episodenya. Dan kamu juga bisa membaca artikel lain berkaitan dengan serial Jodha Akbar atau serial India lainnya lho

Profil artis India

BONUS!

Nah itulah keterangan mengenai Kisah Penerus Serial Jodha Akbar episode 1 tentang Pangeran Salim dan kamu bisa meneruskan membacanya dari episode pertama hingga terakhir. Dan semoga saja ulasan Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang serial Jodha Akbar dan bisa memberi manfaat untuk semua :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kehidupan Pangeran Salim Putra Kesayangan Ratu Jodha Akbar

0 comments:

Posting Komentar